• Jumat, 2 Desember 2022

Datangi Episentrum Gempa Cianjur, Jokowi Pastikan Rumah Rusak Dibangun Lagi setelah Evakuasi Tuntas

- Kamis, 24 November 2022 | 17:01 WIB
Presiden Jokowi saat mengunjungi episentrum gempa Cianjur di Kecamatan Cugenang.  Presiden menegaskan rumah rusak akibat gempa akan dibangun setelah proses evakuasi dan distribusi pangan selesai dikerjakan. (setkab.go.id)
Presiden Jokowi saat mengunjungi episentrum gempa Cianjur di Kecamatan Cugenang. Presiden menegaskan rumah rusak akibat gempa akan dibangun setelah proses evakuasi dan distribusi pangan selesai dikerjakan. (setkab.go.id)


INDOTREN.COM- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bangunan rumah yang rusak akibat gempa Cianjur di Jawa Barat akan dibangun kembali setelah proses evakuasi dan distribusi pangan selesai dilakukan.

Presiden Jokowi, Kamis 24 November 2024 mendatangi pusat gempat (episentrum) gempa Cianjur di Kecamatan Cugenang.

Karena menjadi pusat episentrum gempa maka kerusakan yang terjadi juga yang terbesar. Demikian pula korban jiwa juga yang terbanyak terjadi di Kecamatan Cugenang, kata Jokowi.

Baca Juga: Menang Spektakuler atas Argentina, Pemain Arab Saudi Dapat hadiah Rolls Royce

Menurut Presiden Jokowi, yang paling penting itu adalah evakuasi para korban gempa terlebih dulu. Setelah itu, diikuti dengan disribusi bantuan ke semua lokasi yang terdampak gempa.

Setelah semua itu selesai, maka tahapan berikutnya adalah membangun kembali atau melakukan rehabilitasi rumah yang rusak atau roboh, dengan tingkat kerusakan ringan, sedang dan berat.

Baca Juga: Penonton Jepang Memang Lain, Bersihkan Stadion Usai Jepang Menang Atas Jerman

Mengenai skema bantuan dari pemerintah, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pemerintah tidak akan terpaku pada satu skema.

Pemerintah, kata Jokowi, akan menyerahkan langsung kepada masyarakat untuk memilih skema mana yang dinilai dapat mempercepat proses rehabilitasi.

Baca Juga: Akhiri Deadlock Politik, Anwar Ibrahim Ditunjuk RajaJadi PM Malaysia

Halaman:

Editor: Paulus N

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X