Rektor Unila Sebut Mendag hingga Anggota DPR Titip Mahasiswa, KPK akan Telusuri

- Kamis, 1 Desember 2022 | 16:28 WIB
KPK memastikan akan menelusuri lebih lanjut terkait pernyataan Rektor Universitas Lampung Karomani soal penitipan mahasiswa oleh menteri hingga anggota DPR (KPK)
KPK memastikan akan menelusuri lebih lanjut terkait pernyataan Rektor Universitas Lampung Karomani soal penitipan mahasiswa oleh menteri hingga anggota DPR (KPK)


INDOTREN.COM- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memastikan akan menelusuri lebih lanjut pernyataan yang disampaikan oleh Rektor Universitas Lampung, Karomani dalam kesaksian di persidangan, terkait penitipan mahasiswa oleh sejumlah pejabat tinggi dari menteri hingga anggota DPR.

Dalam kesaksisan di persidangan, Rektor Universitas Lampung, Karomani antaral ian menyebutkan nama Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan sampai Ketua Fraksi PDIP DPR, Utut Adianto yang disebutkan menitipkan keluarga merekaga agar bisa masuk kampus Universitas Lampung.

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri di Jakarta, Kamis, 1 Desember 2022 menyebutkan, KPK akan meneliti lebih jauh semua kesaksian yang disampaikan oleh Rektor Universitas Lampung, Karomani tersebut untuk melihat kesesuaiannya dengan bukti-bukti lainnya.

Baca Juga: 628 Pebulutangkis Semarakkan Ajang Penutup Tahun Berhadiah Rp 1,1 M

Sebelumnya, pada kesaksiannya di pengadilan untuk terdakwa Andi Desfiandi terkait kasus suap penerimaan mahasiswa baru di Universitas Lampung, Karomani mengatakan, ada sejumlah pejabat negara hingga anggota DPR yang juga ikut menitipkan keluarga mereka agar bisa diterima sebagai mahasiswa di kampus Universitas Lampung.

Pengakuan ini diutarakan Karomani saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK menunjukkan satu buku catatan yang berisi nama-nama orang yang menitipkan mahasiswa.

Kabag Pemberitaan KPK, Ali Fikri menyebutkan hal ini akan diteliti lebih lanjut.

Baca Juga: Pentingnya Jaga Pola Hidup Sehat Saat Usia Masih Produktif

Bahkan, tidak tertutup kemungkinan KPK juga akan memanggil nama-nama yang ada di buku catatan tersebut jika memang keterangan mereka dibutuhkan oleh jaksa.

"Semua fakta sidang pasti akan di konfirmasi dan didalami. Bila dibutuhkan keterangan sebagai saksi, jaksa juga akan memanggilnya untuk dikonfirmasi," ungkap Ali Fikri kepada wartawan, Kamis (1/12/2022), dikutip dati PMJ News.

Halaman:

Editor: Paulus N

Sumber: PMJ News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Gresik Segera Perpanjang SIM, Ini Lokasinya

Rabu, 1 Februari 2023 | 06:25 WIB
X