Bagikan 1,5 Juta Sertifikat Tanah untuk Rakyat, Presiden Jokowi: Rakyat Akan Adem Semua

- Jumat, 2 Desember 2022 | 06:20 WIB
Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/12/2022).  ((Foto: Humas Setkab/Oji) )
Presiden Jokowi menyerahkan sertifikat hak atas tanah untuk rakyat, di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/12/2022). ((Foto: Humas Setkab/Oji) )

INDOTREN.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan 1,55 juta sertifikat tanah untuk rakyat yang dilakukan secara hibrida di Istana Negara, Jakarta, Kamis, 1 Desember 2022.

“Siang hari ini saya senang karena 1.552.000 sertifikat dibagikan di 34 provinsi, baik diterima langsung yang hadir di Istana maupun yang hadir di provinsi masing-masing,” ujar Presiden Jokowi.

Presiden menekankan keberadaan sertifikat tanah sebagai tanda bukti hak hukum atas tanah sangat penting dan juga dapat menghindarkan konflik pertanahan yang selama ini kerap terjadi.

“Kalau sudah pegang [sertifikat] semuanya, adem semuanya. Rakyatnya akan adem semuanya. Konflik-konflik enggak ada, sengketa tanah enggak ada karena pegangnya sudah jelas semuanya,” ujarnya.

Baca Juga: SUPER KEREN! Bumilangit Bakal Keluarkan Serial TIRA di Disney Hotstar, Dibintangi Chelsea Islan

Presiden mengungkapkan, pada tahun 2015 terdapat 126 juta bidang tanah yang harus disertifikatkan, tetapi kepemilikan sertifikat baru 46 juta orang.

“Artinya, masih ada 80 juta yang belum pegang sertifikat, betapa banyaknya. Itulah yang menyebabkan sengketa tanah, konflik tanah ada di mana-mana,” ucapnya.

Oleh karena itu, ujar Presiden, dirinya telah memerintahkan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) untuk mempercepat penyelesaian sertifikat hak atas tanah tersebut.

Baca Juga: Al-Nassr Siap Transfer Ronaldo Sebesar Rp 3,2 Triliun

Halaman:

Editor: Aleks. M

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Warga Gresik Segera Perpanjang SIM, Ini Lokasinya

Rabu, 1 Februari 2023 | 06:25 WIB
X