• Jumat, 7 Oktober 2022

Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama Indonesia

- Rabu, 16 Maret 2022 | 21:21 WIB
Presiden Jokowi meluncurkan mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia, di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu 16 Maret 2022.
Presiden Jokowi meluncurkan mobil listrik pertama yang diproduksi di Indonesia, di PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu 16 Maret 2022.

INDOTREN.COM- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) meluncurkan mobil listrik pertama yang dirakit di Indonesia, yaitu mobil Hyundai IONIQ 5 yang diproduksi oleh PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia, Rabu 16 Maret 2022.

Seperti dilaporkan Setkab.go.id, pada peluncuran yang berlangsung di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, tersebut Kepala Negara juga sekaligus meresmikan Pabrik PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia.

“Hari ini, Hyundai akan meluncurkan mobil listrik Hyundai IONIQ 5. Mobil ini menjadi mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia, yang diproduksi untuk memenuhi pasar Indonesia maupun pasar ekspor,” ujar presiden saat peluncuran.

Baca Juga: Wow, Mini Klasik Kini Bisa Diubah Jadi Mobil Listrik

Presiden menyampaikan, peluncuran mobil listrik ini adalah momen yang ditunggu sebagai bagian dari upaya transisi energi yang dilakukan pemerintah.

“Ke depan kendaraan listrik harus menjadi moda transportasi utama kita, termasuk menjadi tumpuan untuk transportasi ramah lingkungan yang dikembangkan juga nantinya di Ibu Kota Negara Nusantara,” imbuhnya.

Indonesia memiliki sumber daya mineral yang sangat besar untuk mendukung pengembangan mobil listrik tersebut. Oleh karena itu, Presiden menekankan bahwa Indonesia harus menjadi pemain penting dalam rantai pasok global di industri mobil listrik.

Baca Juga: Kemhub Kolaborasikan Promosi UMKM dan Mobil Listrik di Jambi

“Kita punya nikel, kita punya kobalt sebagai material penting untuk baterai litium, bauksit yang bisa diolah menjadi aluminium dan kemudian dapat dimanfaatkan untuk kerangka mobil listrik, serta tembaga yang dibutuhkan untuk baterai dan sistem kabel-kabel di mobil listrik,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Wira Iskandar

Sumber: Setkab.go.id

Tags

Terkini

9 Tahun, 5 Juta Transmisi MCVT Dikirim ke 14 Negara

Kamis, 15 September 2022 | 23:57 WIB

Catat!Semua Pejabat Pemerintah Wajib Pakai Mobil Listrik

Kamis, 15 September 2022 | 13:22 WIB

Penjualan Daihatsu Terios Terus Meningkat

Rabu, 13 April 2022 | 12:13 WIB

Miquel Olivera Juarai MotoGP Mandalika 2022

Minggu, 20 Maret 2022 | 16:10 WIB

Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama Indonesia

Rabu, 16 Maret 2022 | 21:21 WIB

Toyota Siapkan Kendaraaan untuk Menjelajah Bulan

Kamis, 10 Februari 2022 | 19:41 WIB
X